Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HINDARI CINTA BERTEPUK SEBELAH TANGAN


HINDARI CINTA BERTEPUK SEBELAH TANGAN

pucukrisau.blogspot.com

Berbica masalah cinta, tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita.
Adapun Definisi Cinta yang dikutip dari  https://id.wikipedia.org adalah sebagai berikut :

Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  1. Perasaan terhadap keluarga
  2. Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
  3. Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
  4. Perasaan yang hanya merupakan kemauan, keinginan hawa nafsu, atau cinta eros
  5. Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  6. Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  7. Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  8. Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  9. Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Dari kutipan wikipedia tersebut hanya menyebutkan cinta secara horizontal saja. Padahal ada satu yang paling penting yaitu cinta secara vertikal. Cinta Vertikal adalah cinta kepada Sang Maha Cinta (Al-Wadud) inilah sumber dari dari segala sumber cinta.

Berbicara masalah tenang cinta bertepuk sebelah tangan, hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Contonya ketika seorang laki-laki mempunyai rasa cinta (asmara) kepada seorang perempuan, tapi perempuan tersebut mempunyai raya yang kontradiksi dengan laki-laki tersebut.

Setelah kita tahu bahwa cinta kita itu bertepuk sebelah tangan, perasaan galaupmun menyelimuti dada. Mungkin itu yang dirasakan banyak orang termasuk saya sendiri. Padalah kalau kita masuk ke medan fikir (tafakur) justru itu adalah jembatan penghubung untuk menemukan cinta yang abadi yaitu Sang Maha Cinta.

Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan, “Syarat cinta adalah engkau mempunyai keinginan bersama Dzat Yang kaucintai. Lalu, engkau tak berpaling dari-Nya, baik karena dunia, akhirat ataupun makhluk. Kecintaan kepada Allah bukanlah sesuatu yang ringan sehingga bisa diklaim oleh setiap orang. Betapa banyak orang yang mengklaim cinta kepada Allah, tetapi justru jauh dari-Nya? Begitu banyak orang yang tidak mengklaim cinta kepada Allah, tetapi justru ada di sisi-Nya?Maka, janganlah meremehkan seorang Muslim pun, sebab berbagai rahasia Allah tersebar pada mereka. Bersikaplah tawadhu dan jangan bersikap takabur atas hamba-hamba Allah. Sadarilah kelalainmu!Sebab engkau tidak lain kecuali berada dalam kelalaian yang sangat parah; seolah-olah shirat benar-benar telah terperikan dan tergambarkan pada dirimu dan seolah-olah engkau telah melihat tempatmu di surga. Ini sebuah keterpedayaan yang sangat luar biasa.”
--Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Fath Ar-Rabban

2 comments for "HINDARI CINTA BERTEPUK SEBELAH TANGAN"